Friday 29 January 2010

23:43

BIG QUESTION: komitmen...???

Liya The Great , Add comments

akhir-akhir ini ada satu kata yang sering saya dengar "komitmen"..dan hingga hari ini, detik ini saya masih belom paham benar apa maksud dari satu kata itu..

banyak sekali pengertian komitmen yang saya dapat hari hasil googling...misalnya
:

Komitmen adalah langkah atau tindakan yang Anda ambil untuk menopang suatu pilihan tindakan tertentu, sehingga pilihan tindakan itu dapat kita jalankan dengan mantap dan sepenuh hati.

pengertian komitmen di bawah ini jauh lebih ilmiah, bahkan ada nama sang ilmuan disana *jadi inget waktu jaman nulis skripsi dan tesis, hhehehehe*

Armstrong (1991) menyatakan bahwa pengertian komitmen mempunyai ada 3 (tiga) area perasaan atau perilaku terkait dengan perusahaan tempat seseorang bekerja:
  1. Kepercayaan, pada area ini seseorang melakukan penerimaan bahwa organisasi tempat bekerja atau tujuan-tujuan organisasi didalamnya merupakan sebuah nilai yang diyakini kebenarannya.
  2. Keinginan untuk bekerja atau berusaha di dalam organisasi sebagai kontrak hidupnya. Pada konteks ini orang akan memberikan waktu, kesempatan dan kegiatan pribadinya untuk bekerja diorganisasi atau dikorbankan ke organisasi tanpa mengharapkan imbalan personal.
  3. Keinginan untuk bertahan dan menjadi bagian dari organisasi.
saya pribadi tidak bisa mengartikan komitmen..sampai saat ini saya belum sanggup untuk mendeskripsikan satu kata tersebut..

yang saya tau adalah setiap saya melakukan sesuatu, saya selalu berusaha untuk melakukan hal tersebut sebaik-baiknya..ketika saya berjanji, saya berusaha menepatinya..ketika saya mendapatkan tugas, saya menyelesaikan tugas tersebut dengan baik dan tepat waktu..ketika saya dimintai tolong, saya akan membantu sebisa saya..dan ketika saya menjalin sebuah hubungan, saya menghargai hubungan tersebut, saya menghargai pasangan saya, dan saya berusaha untuk tidak menghianati pasangan saya...

jika merujuk pada pengertian komitmen di atas...yang bilang bahwa komitmen adalah melakukan dengan sepenuh hati..hmhmh, kita ambil sebuah contoh..seorang pegawai di kantor, bekerja setiap hari, melakukan pekerjaannya, unfortunately dia juga ngomel setiap hari, mengeluh tentang pekerjaannya...jelas dia tidak mengerjakan pekerjaannya dengan sepenuh hati, tapi saya rasa dia masih ber'komitmen' dengan perusahaannya selama dia tidak keluar dari pekerjaannya..

tapi, saya rasa itu bukan suatu komitmen...

seperti kata Armstrong (1991), komitmen bisa juga diartikan untuk bertahan..misalnya sepasang suami istri yang sudah tidak harmonis lagi dan mereka tetap bertahan dengan "komitmen" mereka sebagai suami istri..walaupun sudah tidak ada cinta dan kebahagiaan..

saya, tetap tidak bisa menerima bahwa itu adalah sebuah komitmen...

seorang bos berkata "saya tidak membutuhkan anda untuk fokus mengerjakan pekerjaan ini, tetapi saya harap anda berkomitmen", kepada seorang karyawannya...saya bingung dengan pernyataan sang bos..?? heheheeh... *piss boss*

entahlah..sering kali memang kita dengan mudah dan gamblangnya menyebutkan sebuah kata..memilihnya kemudian menaruhnya kedalam sebuah kalimat..tanpa memahami betul apa makna dari kata tersebut, apakah dia akan memiliki makna yang berbeda jika disandingkan dengan kata yang lain..
atau di lain kasus, sering kali kita menyebutkan suatu kata yang terdengar "pintar", ilmiah, modern..tapi tidak paham sama sekali arti kata tersebut...cuma biar dianggap "orang berpendidikan" ^_^

jadi pengen nyanyi...
"manis di bibir, mengumbar kata..." --> ini lagu malaysia, entah siapa yang nyanyi.... ^_^

saya tidak menjugde siapapun sekarang...tho, kadang-kadang saya juga masih suka ngomong sembarangan, naro kata sesuka hati saya..without mengerti lebih dalem apa sebenernya maksud perkataan-perkataan saya...

tentang komitmen...seperti yang sudah saya bilang..saya tidak mengerti apa maksud, arti, dan makna dari kata itu...tetapi dalam menjalani hidup, saya selalu berusaha memberikan yang terbaik...


bangun setiap pagi, memandang matahari, berlari untuk mengejar setiap mimpi



dengan itu semua saya rasa saya sudah berkomitmen dengan hidup saya


^_^

0 comments

Post a Comment (Old Form)